Breaking NewsPMI lainnya

BP2MI Umumkan Pendaftaran Calon PMI ke Jerman untuk Kandidat Perawat, Apa Saja Syaratnya?

BP2MI telah mengumumkan dibukanya pendaftaran calon PMI yang ingin bekerja sebagai perawat ke Jerman melalui Skema Penempatan Pemerintah atau Government to Government untuk penempatan tahun 2022.

Melalui laman bp2mi.go.id, BP2MI menyebutkan syarat bagi calon PMI kandidat perawat di Jerman, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia dan Penduduk tetap Indonesia
  2. Berusia minimal 18 Tahun (per tanggal 1 Oktober 2021)
  3. Lulusan dari Lembaga Pendidikan Keperawatan yang terakreditasi dengan memegang gelar Pendidikan D3 Keperawatan atau D4 Keperawatan atau S1 Keperawatan
  4. Memiliki Sertifikat Registrasi Perawat – STR (Surat Tanda Registrasi) Perawat dari Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) yang masih berlaku per 1 Oktober 2021.
  5. Pelamar telah memiliki kemampuan bahasa Jerman atau bersedia mengikuti pelatihan bahasa Jerman Level B1 di Indonesia dan Level B2 di Jerman Adapaun dokumen persyaratan umum yang diperlukan, yaitu:
  6. Scan E-KTP (ekstensi.pdf)
  7. Scan Kartu Pencari Kerja atau AK I. (ekstensi.pdf)
  8. Scan Kartu Keluarga (KK). (ekstensi.pdf)
  9. Scan Asli Surat Ijin dari Orang Tua/Wali/Suami/Istri yang ditandatangani diatas materai Rp. 10.000,- diketik manual atau komputer wajib diketahui Lurah atau Kepala Desa. (form lampiran I)
  10. Scan Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku (ekstensi.pdf)
  11. Scan Asli Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit/ Puskemas Pemerintah yang berlaku terhitung mulai 1 Oktober 2021 (ekstensi.pdf)
  12. Scan Asli Surat Keterangan Status Perkawinan (bagi yang telah menikah melampirkan Scan buku Nikah) dalam Ekstensi.pdf. (form lampiran II)
  13. Scan Ijazah Pendidikan Keperawatan D3 atau D4 atau S1 (ekstensi.pdf)
  14. Scan Transkrip Nilai Pendidikan Keperawatan D3 atau D4 atau S1 (ekstensi.pdf)
  15. Scan Daftar Riwayat Hidup atau CV dalam bahasa Inggris (Ekstensi.pdf)
  16. Scan Surat Motivasi dalam bahasa Inggris (ekstensi.pdf)
  17. Scan Surat Rekomendasi dari tempat kerja sebelumnya, jika ada dalam bahasa Inggris (ekstensi.pdf)
  18. Scan Sertifikat Bahasa Jerman, jika ada (ekstensi.pdf)
  19. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih, menghadap kedepan dan tampak jelas dengan ukuran 3×4 cm. (ekstensi.jpeg, file berukuran maksimal 2 mb)
  20. Scan Kartu Kepesertaan BPJS Kesehatan (ekstensi.pdf)
  21. Scan Bukti Vaksinasi Covid-19 I atau vaksin 2, jika ada (ekstensi.pdf)
  22. Scan Surat Pernyataan tidak akan mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus Ujian Bahasa LevelB1 yang ditandatangani diatas materai Rp. 10.000,- diketik manual atau komputer dan wajib diketahui oleh Orang Tua/Wali/Suami/Isteri. (ekstensi.pdf) (form lampiran III)
  23. Scan surat pernyataan tidak akan menuntut ganti rugi apabila dalam proses penempatan ditemukan kasus yang diakibatkan oleh calon PMI sehingga calon PMI dikeluarkan dari tempat pelatihan yang ditandatangani diatas materai Rp.10.000,- diketik manual atau komputer dan wajib diketahui oleh Orang Tua/Wali/Suami/Isteri (ekstensi.pdf) (form lampiran IV)
  24. Scan surat pernyataan bersedia mengikuti Pelatihan Bahasa Jerman yang ditandatangani diatas materai Rp. 10.000,- diketik manual atau komputer (ekstensi. Pdf) (form lampiran VII)

Pendaftaran Calon Kandidat Pekerja Migran Indonesia (PMI) Perawat Indonesia dilakukan secara online melalui website SISKOP2MI

Waktu pendaftaran untuk Calon Kandidat Pekerja Migran Indonesia (PMI) Perawat Program Triple Win berdasarkan Persetujuan BP2MI dan BA atau G to G di Jerman untuk tahun Penempatan 2022 adalah 01 Oktober s.d 26 Oktober 2021, Pukul 24.00 WIB. (SISKOP2MI akan menutup pendaftaran secara otomatis pada tanggal 26 Oktober 2021 pukul 24.00 WIB).

Informasi dan pertanyaan seputar pendaftaran dan penempatan tenaga perawat Indonesia Program G to G di Jerman dapat melalui email: kawasan3.pp.ertim@bp2mi.go.id



Related Articles