Breaking NewsPMI Malaysia

BP2MI Kembali Selamatkan 19 CPMI yang Akan Diberangkatkan ke Singapura Secara Ilegal

Badan Pelindungan Pekerja Mingran Indonesia (BP2MI) kembali berhasil menyelamatkan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang akan diberangkatkan ke Singapura secara ilegal.

Sebanyak 19 PCMI yang semuanya wanita ini, hendak diberangkatkan ke Singapura, dengan menggunakan visa turis. Mereka rata-rata hendak dijadikan pekerja rumah tangga di Singapura.

Mereka diselamatkan BP2MI saat transit di Batam, untuk menunggu keberangkatan ke Singapura

Salah satu CMI asal Malang, Indah mengaku, sebelum diberangkatkan sempat ditampung di Surabaya.

“Saya tidak tahu kalau ini ilegal. Yang asaya tahu akan dipekerjakan di Singapura, dengan gaji 550 Ribu Dollar Singapura,” tuturnya.

Kepala BP2MI, Benny Ramadhani yang memantau langsung penggagalan pengirima PMI ilegal tersebut, mengatakan, 19 wanita ini merupakan korban dari sindikat perdagangan orang, yang dikelola oleh agen-agen penyalur PMI ilegal.

“Pengungkapan kasus ini berawal dari laporan salah seorang calon PMI ilegal, karena diperlakukan tidak baik selama berada di penampungan. Sebanyak 19 orang ini, setelah kami cek tidak berada di sistem, sehingga tidak ada perlindungan dari negara,” jelas Benny sebagaimana dilansir Sindonews, Sabtu (14/8).

Sebanyak 17 wanita yang gagal berangkat ke Singapura tersebut, langsung dibawa ke Wisma Atlit untuk melakukan isolasi selama delapan hari. Sementara dua wanita lagi tertahan di Batam, karena dinyatakan positif COVID-19. (rozi_EM)



Related Articles