Breaking News

BNI Beri Modal Usaha Sampai Dengan 500 Juta untuk Mantan PMI

PT Bank Negara Indonesia atau BNI mengadakan program modal usaha untuk para mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tidak lagi bekerja di luar negeri. BNI siap memberikan modal usaha dan juga fasilitas kredit dengan plafon sampai dengan 500 juta.

Adapun program ini dibuat dengan tujuan memberdayakan purna PMI khususnya kaum wanita agar bisa kembali bangkit apalagi di tengah situasi sulit akibat pandemi Covid19. Dimana ada PMI yang tidak bisa lagi kembali bekerja di luar negeri sehingga mengakibatkan pemutusan hubungan kerja serta pemotongan upah.

Dalam webinar Srikandi Diaspora Lompat Lebih Tinggi bersama BNI Hongkong, Wakil Dirut BNI Adi Sulistyowati mengatakan bahwa setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan dari BNI maka para purna PMI yang baru merintis usaha bisa mengajukan pinjaman KUR Super Mikro, Mikro, dan KUR Kecil tanpa jaminan.

Kemudian bagi para Purna PMI yang sudah memiliki usaha lebih kurang 6 bulan lamanya juga dapat memperoleh modal usaha dari BNI dengan plafon sampai 500 juta. “Plafon pinjaman Super Mikro di atas 10 juta, sedangkan Mikro di atas 10-15 juta. Sementara itu, untuk KUR Kecil dengan plafon antara 50-500 juta,” jelas wanita yang akrab disapa dengan Susi dalam keterangan tertulis, Minggu (4/7/2021).

Susi juga menjelaskan adanya persyaratan pengajuan KUR BNI bagi para purna PMI yaitu dengan cukup melampirkan bukti pelatihan atau pendampingan serta izin usaha dari kelurahan, dan identitas diri. Jika dinilai cukup layak maka pinjaman akan dapat dengan cepat diproses.

Beliau juga berharap semoga adanya dukungan ini dapat turut memajukan Perempuan Indonesia termasuk para PMI dan purna PM dan menjadi support system bagi sesama perempuan Indonesia yang tetap bekerja dan berkarya di tengah pandemi Covid19. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Sandiaga Uno yang juga menjadi pembicara webinar mengungkapkan PMI dan purna PMI bukan hanya penyumbang devisa bagi Indonesia. Melainkan juga segmen usaha pencipta lapangan kerja bagi bangsa dan oleh karena itu, ia mengajak purna PMI untuk bangkit dan semangat dalam memperoleh peluang bisni di kala pandemi terutama memperoleh tambahan modal usaha melalui BNI.



Related Articles