Breaking NewsPMI Taiwan

Berikut Bocoran Kenaikan Gaji Pokok Mulai Tahun Depan, Naik 6 Hingga 8%

Panitia peninjau gaji pokok di Taiwan akan mengadakan pertemuan pada 8 Oktober besok guna membahas kenaikan gaji pokok mulai tahun depan.

Rumor mengatakan, penyesuaian kenaikan gaji pokok kali ini mencapai 6 hingga 8%, yang artinya bahwa nilai nominal gaji pokok di Taiwan mulai tahun depan antara NTD 25.440 dan NTD 26.000.

Menurut pernyataan dari masing-masing kepala kementerian dan peserta konferensi, mereka menyatakan kesepakatan tentang upah dasar atau gaji pokok minimum.

Namun, begitu kabar tersebut keluar, banyak orang yang merasa tidak puas. Mereka berpikir penyesuaian gaji pokok hanya menguntungkan pekerja migran. Karena harga barang juga akan naik, jadi tidak dapat merasakannya.

Menteri tenaga kerja Taiwan, Xu Ming-chun pad 29 September lalu mengatakan bahwa ada kesepakatan dan kepercayaan mengenai kenaikan gaji pokok mulai tahun depan.

Dilansir tvbs New (2/10/2021), ketua Dewan Pembangunan Nasional, Gong Ming-xin mengatakan, tingkat pertumbuhan ekonomi di Taiwan tahun ini (2021) lebih dari 6%. Untuk itu, diharapkan kenaikan gaji pokok dapat lebih besar, dan pemerintah akan membantu menyerap biaya tambahan dari industri dalam negeri yang rugi.

Begitu mendengar kabar tersebut, platform PTT gossiping heboh dan memanas. Beberapa netizen mengatakan bahwa kanaikan gaji pokok hanya menguntungkan pekerja migran. Dan harga barang kebutuhan juga ikut naik, maka kenaikan gaji pokok tersebut tidak membantu atau tidak menguntungkan bagi warga lokal.

Namun ada netizen yang mengatakan, meskipun gaji pokok tidak dinaikkan tapi harga kebutuhan warga tetap naik. Seluruh dunia sedang tergila-gila dengan inflasi, jika dalam waktu dua tahun tidak menaikkan gaji pokok maka akan ketahuan kalau anda miskin. Dinaikkan marah, tidak dinaikkan juga marah, membahas tentang gaji adalah kemampuan dari mereka sendiri.

Asosiasi Buruh di Taiwan pada awal September lalu mengadakan demo di depan gedung kamar dagang dan industri, mereka meneriakkan slogan serta mengatakan pertumbuhan ekonomi di Taiwan mencapai rekor tertinggi, upah dasar harus ditingkatkan dan gaji bulanan harus disesuaikan menjadi NTD 26.000.



Related Articles