Breaking News

Berikut Alur Kepulangan PMI di Bandara Internasional Juanda Surabaya

Meskipun ada himbauan tidak mudik ke tanah air oleh pemerintah untuk mencegah bertambahnya penyebaran covid19, namun tidak ada salahnya mengetahui info alur layanan kedatangan bagi WNI/PMI jika memilih pulang melalui Bandara Internasional Juanda di Surabaya.

Apabila harus pulang ke tanah air, pastikan membawa hasil test pcr/swab test serta melaporkan kepulangannya ke agensi, dan tandatangan dari atase ketenagakerjaan atau perusahaan.

Atau, bisa juga dengan mengisi laporan kepulangan diri secara online melalui link: http://p3tki-jatim.go.id.

Petugas Counter Helpdesk Pekerja Migran Indonesia siap membantu di Bandara Juanda jika membutuhkan bantuan.

Sebagaimana dilansir dari web resmi UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (P2TK) Disnakertrans Provinsi Jawa Timur (21/4/2021) yang mengumumkan tentang Alur layanan kepulangan PMI di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Adapun perinciannya adalah sebagai berikut:

  1. PMI tiba di Bandara international Juanda Surabaya, menuju antrian validasi surat PCR/SWAB Test dari asal negara.
  2. Petugas KKP Validasi dan stempel keabsahan. Petugas memberi alat swab test Lokal kepada PMI. Memberi tanda kepada yang telah uji swab Lokal/tidak absah/masuk karantina.
  3. Petugas imigrasi memeriksa pasport, dan visa kedatangan dilanjutkan memberikan stempel persetujuan di Paspor.
  4. Petugas Bea Cukai memeriksa barang bawaan PMI dengan mesin X-Ray. Melakukan pendaftaran dan Validasi no. IMEI Hp PMI.
  5. Petugas KKP melakukan pengambilan spesimen dari PMI untuk uji PCR/Swab Test. Jika positif PMI masuk karantina. Jika negatif PMI meneruskan perjalanan dengan membawa Surat keterangan sehat/jalan.
  6. Petugas Counter Helpdesk UPT P2TK Disnakertrans Karim melakukan pendataan status kepulangan PMI dan memberikan fasilitas bantuan bagi PMI yang bermasalah atau menyediakan shelter transit gratis. [haniTW]



Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.