Breaking News

Benarkah Mulai Tanggal 12 Juli Status Siaga III Akan Berakhir, CECC Menjawab

Sejak 25 Juni hingga kemarin (5/7/2021), selama 11 hari berturut-turut kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Taiwan terus mengalami penurunan.

Sementara status Siaga III Nasional berlaku hingga tanggal 12 Juli. Para pengamat memprediksi adanya harapan bahwa status siaga akan berakhir artinya status siaga akan diturunkan atau tidak ada pemblokiran lagi.

Menganggapi hal itu, kepala CECC Chen Shi-zhong mengatakan, situasi epidemi secara keseluruhan memang terus menurun, namun hingga kini (5/7) belum ada keputusan akhir apakah pihaknya akan membuka pemblokiran.

Chen She-chong menjelaskan, pembukaan pemblokiran akan didasarkan pada prinsip konsensus secara nasional, hingga sebagian wilayah di kota kabupaten tidak ada klaster baru (Nol).

Ia menambahkan, pemblokiran tidak akan didasarkan pada klaster di kabupaten atau kota, namun didasarkan pengendalian pada zona merah (jumlah klaster terbanyak) tempat epidemi sebenarnya terjadi.

Sementara itu, kepala Eksekutif Yuan, Su Chen-Cang mengatakan, hingga saat ini kondisinya belum memenuhi kriteria penghapusan status Siaga III, namun karena jumlah klaster di kota kabupaten mengalami penurunan, dan ada ruang untuk penyesuaian dalam regulasi di semua lapisan masyarakat.

Dilansir United Daily News (6/7) Su Chen-Cang mengatakan, dalam minggu ini CECC akan mengumumkannya kepada masyarakat.



Related Articles