Breaking NewsPMI Malaysia

Bekerja Sambil Kuliah, 27 PMI di Malaysia Raih Gelar Sarjana di UT Neneng Zubaidah

Sebanyak 27 Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kuala Lumpur dan Johor, Malaysia mengikuti prosesi wisuda Universitas Terbuka (UT). Mereka berhasil meraih gelar sarjana setelah berjuang mengikuti kuliah sembari bekerja di luar negeri.

Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN) UT kembali menyelenggarakan kegiatan wisuda bagi lulusan UT yang berada di Kuala Lumpur dan Johor -Malaysia, pada Sabtu (9/10/2021).

Lulusan UT kali ini berjumlah 27 orang dan semuanya adalah PMI yang sejak awal bekerja sambil mengikuti kuliah di UT. Mereka berasal dari prodi Manajemen sebanyak 8 orang, Ilmu Komunikasi (6), Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemah (7), Akuntansi (4), Administrasi Negara (1) dan Ilmu Pemerintahan (1).

Dari 27 lulusan tersebut, 11 lulusan mengikuti wisuda secara langsung di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, dan 16 lulusan mengikuti wisuda secara daring karena kontrak kerja telah berakhir dan sudah kembali ke Indonesia sehingga mengikuti wisuda dari alamat masing masing. Wisuda UT di Kuala Lumpur kali ini juga mengumumkan 3 lulusan terbaiknya. Yakni, Indri Astuti dari prodi Manajemen dengan IPK 3.07 dari Pokjar Kuala Lumpur, Apriliana prodi Sastra Inggris bidang Minat Penerjemah (Kuala Lumpur) dengan IPK 3.06 dan Yayuk Sulastri Tambunan prodi Sastra Inggris bidang Minat Penerjemah (Johor) dengan IPK 3.01.

UT memiliki daya jangkau yang luas berkat adanya 39 Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) dan 1 Unit Layanan Mahasiswa Luar Negeri sehingga mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia sampai ke daerah terluar. UT pun saat ini telah bekerjasama dengan KBRI di 42 negara untuk memfasilitasi layanan pendidikan bagi WNI yang tinggal/bekerja di luar negeri

Sementara Dubes RI untuk Malaysia Hermono juga salut dan bangga atas keberhasilan 27 PMI ini yang meski di tengah kesibukan bekerja masih menyempatkan waktu dan bahkan mengurangi jam tidurnya untuk menuntut ilmu di UT.

Darnichn.



Related Articles