Breaking NewsPMI lainnya

Awalnya Niat Hanya Cuti, PMI Hongkong Asal Karanganyar Malah Menjadi Pedagang Pasar

Adalah Nurul Khoiri menjalani rutinitasnya berjualan sayur mayur di lapak yang sebelumnya dirintis dan dijalankan oleh ibunya di pasar Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

Nurul Khoiri sejatinya tidak berniat menjadi pedagang pasar, minimal untuk saat ini. Pasalnya, gadis yang kini telah berusia 26 tahun mengaku menjalani profesi sebagai pedagang sayur di pasar Ngargoyoso awalnya hanya sekedar untuk mengisi waktu kosong saja sembari menunggu waktu untuk kembali bekerja di Hongkong.

Nurul juga belum berniat untuk benar-benar mengakhiri masa kerjanya di Hongkong bahkan terhitung pada bulan Juni 2020 kemarin, Nurul pulang ke Karanganyar hanyalah untuk mengambil hak cutinya saja dan juga melepas kangen dengan orang-orang tersayangnya di kampung halaman.

Namun siapa sangka, niat Nurul yang hanya cuti dan akan terbang pada Agustus 2020 ternyata terhalang dinamika pandemi dan membuatnya harus menjadi pedagang di pasar hingga kini. “Lumayanlah mas, dari pada tidak ada pemasukan dan saya sudah menjalani ini sudah sejak awal tahun 2021,” tuturnya.

Awalnya, profesi berjualan ini digeluti oleh kedua orangtuanya namun sejak bapaknya kena stroke dan ibu menjadi tidak fokus berjualan serta harus menjaga bapak di rumah maka sejak Januari 2021 kemarin Nurul memutuskan untuk menggantikan orang tuanya untuk berjualan sayur di pasar. “Ya, minimal sampai saya dapat kembali bekerja lagi ke Hongkong,” tuturnya.

Berjualan sayur di pasar kelihatannya sederhana dan mudah tapi setelah dilakoni ternyata Nurul menjumpai banyak hal yang sebelumnya tidak dipahami hingga mengakibatkan jualan merugi di bulan pertama. “Saya kan tidak tahu mas, bulan pertama jualan dimarah-marahi ibu karena antara uang yang dikeluarkan untuk belanja dagangan dengan pemasukkan jumlahnya tidak seimbang, alias rugi,” kata Nurul sembari terkekeh-kekeh.

Setelah banyak belajar dari pengalaman sang ibu, akhirnya pelan-pelan Nurul mulai mengerti bagaimana menyiasati berjualan sayur mayur agar tidak lagi merugi dan bisa pulang membawa rezeki.

Darnichn.



Related Articles