Breaking News

Aturan Terbaru, WNI / WNA yang Masuk ke Indonesia Wajib Karantina 8 Hari dan Test PCR Dua Kali

Bagi teman teman, baik itu WNI atau Pekerja Migran Indonesia dan juga WNA yang ingin masuk ke Indonesia saat ini terdapat peraturan terbaru lagi yaitu aturan untuk karantina dan proses selama di dalam karantina itu ada perbedaan dari yang sebelumnya. Seperti yang sudah dijelaskan oleh Satgas Covid kemarin bahwa perubahan itu mulai dari proses akan berangkat dari luar negeri kemudian ketika di karantina dan juga sampai pulang itu terdapat perubahan yang tercantum dalam surat edaran nomor 8 tahun 2021.

Adapun perubahan aturan yang tercantum ke dalam SE Satgas Covid nomor 8 tahun 2021 itu adalah :
Mematuhi ketentuan prokes.
WNA yang ingin masuk ke Indonesia harus sudah wajib divaksin dan menunjukkan hasil negatif dari test PCR 3 x 24 jam sebelum keberangkatan dan juga sertifikat vaksin yang lengkap. Lalu untuk WNI termasuk PMI yang belum vaksin juga harus menunjukkan hasil negatif dari test PCR 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.
Bagi WNA akan melakukan pemeriksaan pertama dengan test PCR, dan jika positif akan dilakukan perawatan lanjutan. Begitu juga bagi WNI / PMI yang test PCR pertama positif juga akan dirawat.
Bagi WNA / WNI yang hasil pemeriksaan pertama test PCR menunjukkan negatif, akan dikarantina selama 8 x 24 jam dan diberi vaksin dosis pertama di tempat karantina.
Test ulang akan dilakukan setelah 8 x 24 jam, jika ada yang positif akan dirawat dan yang negatif akan dibebaskan dari karantina.
Bagi yang negatif dan sudah dibebaskan dari karantina akan dihimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Jadi intinya aturan terbaru yang dibuat ini mengharuskan semua WNI / PMI dan WNA untuk melakukan karantina selama 8 hari dan juga dilakukan 2 kali test PCR. Diharapkan kepada WNI / WNA yang akan pulang ke Indonesia agar sudah mengetahui dan memahami peraturan ini. Darnichn.



Related Articles