Breaking News

Apakah Pekerja Migran Ilegal di Malaysia Bisa Mendapat Vaksin Covid-19?

Warga asing yang tinggal dan bekerja di Malaysia sebenarnya mempunyai hak yang sama dengan warga lokal untuk mendapatkan vaksin covid-19.

Namun, warga asing atau pekerja migran di Malaysia yang bisa mendapatkan vaksin covid-19 hanyalah yang mempunyai dokumen resmi.

Bagi pekerja migran yang tidak berdokumen resmi (ilegal), Menteri Dalam Negeri Malaysia, Datuk Seri Hamzah Zainudin pernah mengatakan bahwa Pemerintah Malaysia tidak bisa memberikan vaksin kepada seseorang yang tidak mempunyai identitas dan dokumen.

Ditegaskan pula bahwa operasi besar-besaran menahan pekerja migran ilegal atau yang diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) dalam masa lockdown (Perintah Kawalan Pergerakan/PKP) dilaksanakan untuk memastikan golongan itu mempunyai dokumen sah bagi tujuan vaksinasi.

“Kerajaan tidak boleh memberi vaksin kepada golongan ini, karena setiap pendaftaran program vaksinasi memerlukan bukti dokumen dan identitas yang sah,” kata Menteri Dalam Negeri Malaysia, Datuk Seri Hamzah Zainudin ketika mengadakan konferensi pers yang disiarkan televisi dan media lokal Malaysia pada 3 Juni 2021 lalu.


Rozi_EM



Related Articles