Breaking NewsPMI Malaysia

Agar Tidak Kena Tangkap, Pekerja Ilegal di Malaysia Disarankan Segera Daftar Program Rekalibrasi

Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) menyarankan majikan dan para pekerja migran ilegal atau yang disistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) untuk memanfaatkan dan segera mendaftar Prpgram Rekalibrasi PATI setelah Pemerintah Malaysia memutuskan memperpanjang progran ini hingga 31 Desember 2021.

Ketua Pengarah JIM, Datuk Khairul Dzaimee Daud mengatakan, langkah tersebut untuk menghindari tidakan tegas dari aparat penegak hukum untuk menangkap dan menahan mereka yang tetap nekat bertahan tinggal dan bekerja di Malaysia tanpa dokumen yang resmi (ilegal).

Menurut Datuk Khairul, selama ini Program Rekalibrasi, baik Rekalibrasi Pulang maupun Rekalibrasi Tenaga Kerja mendapat respon yang cukup baik dari para majikan dan PATI.

“Untuk program Rekalibrasi Pulang, hingga 8 Juli lalu, jumlah PATI yang membayar kompaun sebesar RM 500 (lima ratus ringgit) dan telah pulang ke negara asal sebanyak 98.333 orang. Sedangkan yang mendaftar program Rekalibrasi Tenaga Kerja melalui website JIM ada sekitar 143.000 orang,” kata Datuk Khairul sebagaimana dilansir media lokal Malaysia, Utusan.com, Senin (12/7)

Bersandarkan angka tersebut, kata Datuk Khairul, pihaknya yakin target Program Rekalibrasi diikuti minimal 25.000 PATI akan tercapai.

“Saya minta semua majikan memanfaatkan program tersebut sementara masih ada waktu,” katanya. *(rozi_EM).



Related Articles