Breaking NewsPMI lainnya

7 dari 67 PMI Asal Flores Timur dan Lembata yang Dipulangkan Dinyatakan Positif Covid-19

Ada sebanyak 67 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Flores Timur dan Lembata yang selama ini bekerja di Malaysia kemudian dipulangkan. Ke-67 PMI tersebut tiba di pelabuhan laut Lorens Say Maumere, Kabupaten Sikka menggunakan KM Bukit Siguntang. Selanjutnya PMI tersebut dibawa ke Kabupaten Flores Timur dengan menggunakan busa penumpang Maumere-Larantuka.

Ketua Yayasan Permata Bunda Berbelas Kasih Divisi HAM (Human Trafficking), Benedikta B.C Da Silva mengatakan bahwa dari 67 PMI terdiri dari 56 PMI asal Flores Timur dan 11 lagi dari Kabupaten Lembata.

Menurutnya, 67 PMI itu dipulangkan karena persoalan dokumen negara. meski demikian sebagian dari mereka juga pulang karena terdampak pandemi Covid-19. Saat ini, ke-67 PMI tersebut sudah dikembalikan ke desa asal pada Sabtu (21/8/2021).

Dari 67 PMI tersebut, terdapat 7 PMI yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab antigen. “3 asal Flotim dan 4 PMI dari Lembata yang terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya. Ia juga menjelaskan bahwa 7 PMI yang dinyatakan positif dari hasil test rapid antigen akan langsung dibawa ke lokasi karantina terpusat di Frateran BHK Emaus Weri Larantuka.

“Mereka semua sudah dipulangkan dan PMI yang positif Covid-19 akan menjalani isolasi mandiri di desa masing-masing dengan pantauan tenaga kesehatan desar,” tutupnya.

Darnichn.



Related Articles