Breaking NewsPMI Malaysia

56 Ribu Lebih PMI Non Prosedural Telah Berhasil Pulang dari Malaysia Melalui Program Rekalibrasi

Sebanyak 56.154 PMI non prosedural atau yang biasa diistilahkan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) telah berhasil pulang ke Indonesia melalui Program Rekalibrasi Pulang yang diinisiasi oleh Departemen Imigrasi Malaysia (JIM).

Ketua Pengarah JIM, Dato’ Indera Khairul Dzaimee bin Daud mengatakan, berdasarkan data statistik JIM hingga 1 Agustus 2021 jumlah keseluruhan PATI yang mendaftar Program Rekalibrasi Pulang sebanyak 107.524 orang.
Dari jumlah tersebut, sebanyak 88.034 orang PATI telah pulang ke negara asal masing-masing.

“Mereka yang dipulangkan terdiri dari 56.154 orang warga Indonesia, 16.194 orang India, dan 11.510 orang Bangladesh,” kata Dato’ Indera Khairul kepada wartawan setelah mengunjungi loket khusus Program Rekalibrasi Pulang di Bandara KLIA, Selasa kemarin.

Menurutnya, Program Rekalibrasi Pulang ini mendapat respon yang luar biasa, bahkan jumlah PATI yang mendaftar di luar perkiraan.

Untuk meningkatkan layanan program ini, JIM telah menambah loket khusus di bandara KLIA 1 dan KLIA 2. Jim juga telah membuka loket khusus di pintu imigrasi jalur laut di Pelabuhan Stulang Laut, Johor pada 1 Agustus 2021 lalu.

Rencananya, pada 15 Agustus depan, JIM juga akan membuka loket khusus untuk pelayanan Program Rekalibrasi Pulang di Pelabuhan Pasir Gudang, Johor dan Pelabuhan Klang, Selangor. (rozi_EM)
.



Related Articles