Breaking NewsPMI Malaysia

217 Pekerja Migran Indonesia dari Singapura dan Hongkong Jalani Karantina

Kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) bersama penumpang WNI dan WNA lainnya melalui Bandar Internasional Juanda Sidoarjo, Sabtu (17/7/2021), data yang dihimpun oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya tercatat ada 234 PMI.

Seluruh penumpang perjalanan dari luar negeri tersebut harus menjalani karantina pencegahan Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan tes swab PCR, 234 penumpang tersebut mendarat dengan 3 maskapai penerbangan berbeda dari 2 negara.

Dua dari Singapura yaitu Scoot Tiger Air (TR 262) pada pagi tadi berpenumpang 116 orang, 115 WNI, 1 WNA dan Jetstar (3K247) yang membawa 37 penumpang WNI yang mendarat sore hari.

Satu penerbangan lainnya dari Hongkong dengan maskapai Cathay Pasifik (CX2779) yang mengangkut penumpang 81 orang dan 2 diantaranya WNA yang tiba siang hari.

Dari 234 orang tersebut menjalani karantina di Asrama Haji Surabaya, sebanyak 217 orang terdiri dari PMI dan sisanya 17 orang dikarantina di beberapa hotel di Sidoarjo dan Surabaya termasuk 3 WNA.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Farid Dharmawan memberikan data rekapitulasi kedatangan PMI di Asrama Haji Surabaya. Dikatakan 217 PMI tersebut menjalani karantina selama 3 hari sambil menunggu hasil pemeriksaan tes swab. Jika dinyatakan negatif maka dikoordinasikan dengan kapubaten/kota untuk dilakukan penjemputan. Selanjutnya akan menjalani karantina 5 hari lagi di kabupaten/kota daerah asal PMI sebelum pulang ke rumah.
Darnichn.



Related Articles