Breaking News

20 TKA Asal Tiongkok Masuk ke Indonesia, Berikut Penjelasan dari Ditjen Imigrasi

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengklaim bahwa ada sebanyak 20 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia sebelum adanya masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid19. Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara menjelaskan TKA tersebut mendarat di Bandara Internasional Makassar, Kabupaten Maros dengan pesawat Citilink QG-426 pada Sabtu (3/7/2021) pukul 20.25 WITA dari Jakarta. Namun diketahui bahwa para TKA tersebut telah masuk ke Indonesia pada 25 Juni 2021 atau sebelum diterapkannya PPKM Darurat.

Seluruh TKA tersebut pada saat masuk ke Indonesia juga sudah melalui serangkaian pemeriksaan Keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 25 Juni 2021. Adapun ke-20 TKA asal Tiongkok tersebut merupakan calon TKA yang akan bekerja dalam rangka uji coba kemampuan dalam bekerja di Proyek Strategis Nasional PT Huady Nickel- Alloy Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Mengenai adanya video viral yang beredar mengenai masuknya 20 TKA tersebut sudah dibantah kebenarannya oleh Arya Pradhana Anggakara dan ia mengaku bahwa video viral yang beredar merupakan video lama yang diambil pada Juni 2021. Beliau juga berkata bahwa saat ini pemerintah masih memberlakukan aturan keras untuk orang asing yang ingin masuk ke Wilayah Indonesia demi mencegah lonjakan persebaran Covid19.

Darnichn.



Related Articles